Senin, 19 Maret 2012

Jauhi penyakitnya, BUKAN orangnya !!

habis renovasi kantor bareng relawan2 lainnya ... kemudian bedah perpustakaan mini kantor CMR-PKBI kalsel tadi pagi .. banyak dapat buku bagus nih :) salah satunya buku tentang penyakit yang begitu mewabah di dunia saat ini. Apalagi kalau bukan HIV/AIDS !!!
walaupun sudah merambak begitu luas termasuk indonesia.. banyak bagi masyarakat awam masih yang gak ngeh, apa sih HIV/AIDS itu ?? Penyuluhan-penyuluhan pun cuma datang-datang doang.. tapi gak di dengerin beritanya ( aku bangett waktu masih SMP ) hahahaha .... :P

ok teman-teman ... first, aku ajak berkenalan dengan HIV/AIDS dulu ya , ( eitssssss.. jangan mikir yg macem2 ya .. mksudnya .. biar temen-temen tau makhluk apa sih HIV/AIDS itu ) .


AIDS .. aids itu ialah sekumpulan gejala penyakit, yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang di dapat. aids di sebabkan oleh adanya virus HIV di dalam tubuh. Virus HIV ini hidup di dalam 4 cairan tubuh manusia ( baca : CUMA 4 CAIRAN ya .. gak lebih )
1. cairan darah
2. cairan sperma
3. cairan vagina
4. air susu ibu

dan TIDAK DI TULARKAN dengan cara :

1. berpelukan sosial, berjabat tangan
2. pemakaian WC, Wastafel, atau kamar mandi bersama
3. di kolam renang
4. gigitan nyamuk atau serangga
5. membuang ingus
6. pmakaian piring, alat makan atau makan bersama-sama

kenapa sih AIDS perlu perhatian khusus ???
1. belum ada obatnya dan belum ada vaksin yang bisa mencegah
2. pengidap virus menjadi pembawa dan dapat menularkan penyakit seumur hidupnya, walaupun tidak merasa sakit dan tampak sehat.
3. Biaya pengobatannya mahal
4. menurunkan mutu SDM dan produktifitas kerja, sehingga dapat menganggu perkonomian negara
5. penyakit ini telah menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, sebagian besar di tularkan melalui hubungan sex ( baca : ML )

Gimana sih Pencegahannya ???

ada beberapa pencegahannya lo .. jadi mohon di simak dan rasakan .. hehehehe,,
1. MENGHINDARI hubungan sex di luar nikah ( baca : NO FREE SEX)



2. pemakaian kondom ( ada penjelasannya + gambarnya di post ku yang terdahulu, cek aja di arsipnya. ) pada mereka yang mempunyai pasangan HIV positif / suka atau pernah gonta ganti pasangan ( BACA:  kudu SETIA 1 pasangan aja ya )
3. menggunakan jarum suntik dan alat tusuk lainnya 
4. skrining pada semua kantong donor darah
5. wanita dengan HIV positif tidak hamil, kalaupun hamil .. HARUS melahirkan dengan operasi TIDAK BOLEH melahirkan normal karena akan beresiko tertular pada si bayi.
6. kondom untuk kelompok resiko tinggi.


kayaknya , cukup dulu deh .. kapan-kapan ku sambung kalo ada dapat pengetahuan baru soalnya buku-bukunya masih ngantrii untuk di baca. hehehehe... lagian dari tadi aku udah menguap-nguap saja .. mata protes mau minta istirahat, hehehehe..
semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar